Rabu, 07 September 2011

TEKNOLOGI INFORMASI

Data dan Informasi
Data adalah material mentah atau kumpulan fakta yang belum memiliki arti. Jenis data diantaranya adalah teks, gambar, audio, video, atau kombinasinya.
Sedangkan untuk informasi adalah data yang sudah memiliki makna karena mengalami tahap pemrosesan dimana data tersebut saling dihubungan satu sama lain atau sudah dimanipulasi.
Sifat informasi yaitu, Perfect (sempurna) dan inperfect (mengandung unsur ketidakpastian).
Sumber informasi bisa berasal dari pengamatan lapangan (observasi), kuesioner, kejadian/event (pencatatan/perekaman), pemodelan (simulasi, forecasting), media masa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll.
Karakteristik informasi yang baik adalah tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan berdasarkan fakta.
Teknologi Informasi
Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni dan sains dengan mengaplikasikan pengetahuan saintifik ke praktis.
Teknologi Informasi menurut Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
Tujuan Teknologi Informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreatifitas, efektifitas, dan efisiensi.
Fungsinya untuk Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
Perlunya Teknologi Informasi, karena Kompleksitas tugas manajemen, Pengaruh globalisasi, Perlunya response time cepat, Tekanan persaingan bisnis, Peningkatan layanan.
Komponen Teknologi Informasi
Hardware (Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi).
Software (Perangkat Lunak adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk Program, Dokumen, Data).
Brainware (Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer).

0 komentar:

Posting Komentar