Rabu, 14 September 2011

KOMPUTER GENERASI KEENAM

Abstrak
Makalah ini akan membahas tentang perkembangan komputer kususnya generasi keenam yang meliputi kecerdasan buatan, bahasa pemrograman yang digunakan serta interaksinya dengan manusia. Komputer generasi ke enam ini masih dalam bentuk rencana dan rancangan para ahli komputer.
Pendahuluan
Sifat teknologi yang selalu berkembang membuat para ilmuan komputer untuk terus lakukan experimen, menciptakan hal hal baru yang canggih , yang pastinya akan lebih efektif dan efisien meringankan beban pekerjaan manusia. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. Perkembangan generasi komputer keenam akan dipusatkan pada beberapa hal seperti interaksi antara manusia dan komputer, kecerdasan buatan, bentuknya yang semakin kecil sehingga mudah dibawa maupun kemudahan pengoperasiannya.
Komputer Generasi Keenam
Komputer generasi keenam sebenarnya masih dalam tahap rancangan yang terus dikembangkan sehingga belum dapat dipastikan seperti apa bentuknya kelak. Gambarannya komputer ini menghailkan teknologi yang sangat canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki Biochip yang terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Yang akan menjadi ciri utama pada komputer generasi keenam ini adalah tidak diperlukannya penulisan dan pembuatan program oleh pengguna (programless computer). Komputer generasi keenam ini juga memiliki kecerdasan dan bermacam-macam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan.
Komputer masa depan yang termasuk generasi keenam ini dapat dikatakan sebagai komputer tercepat karena bekerja dengan system vector processor, yakni adanya penggunaan beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Kecepatan super komputer ini sama dengan 1 milyar operasi per detik. Komputer generasi keenam selain dapat digunakan secara personal, dapat pula dimanfaatkan oleh industry-industri besar.
Arsitektur dan Organisasi Komputer Generasi Keenam
Arsitektur computer merupakan atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer seperti set instruksi, aritmatika, register, atau mekanisme I/O. Perkembangan teknoligi komputer menghasilkan perubahan-perubahan yang signifikan mengenai arsitektur computer. Hal ini sangat penting karena kemajuan dari industry computer ditentukan oleh desain arsitektur computer.
Arsitektur komputer generasi keenam :
1. Mencapai teraflops yaitu aritmatika sepuluh perdetik.
2. RISC (Reduced Instruction Set Computing) merupakan sebuah arsitektur komputer atau arsitektur komputasi modern dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor.
3. Pipelening untuk jumlah instruksi yang dapat ditingkatkann dalam satu unit waktu.
4. Pemrosesan parallel.
5. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (lebih dekat dengan manusia).
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Organisasi komputer generasi keenam :
1. Penggunaan blue laser, hologram.
2. Penggunaan sistem dengan lebih dari 200 vektor.
3. Bentuk bermacam-macam tergantung kebutuhan.
Penutup
Komputer generasi keenam dimasa mendatang adalah komputer canggih yang memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Dengan itu diharapkan komputer masa depan dengan biaya yang lebih murah dapat menjadi komputer serbaguna yang mudah dioperasikan oleh semua orang untuk membantu meringankan beban pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar